Featured Posts

PMI Bengkulu Bangun Sistem Informasi

Palang Merah Indonesia Bengkulu membangun sistem informasi dan komunikasi kebencanaan, melalui jaringan radio komunikasi handy talkie (HT). Para pemangku kepentingan dalam kebencanaan pun dapat ikut dalam jaringan komunikasi ini.
Sekretaris PMI Bengkulu, Joni Saputra, Kamis (11/8/2011), mengatakan, setelah Hari Raya Idul Fitri sebuah antena repeater akan dipasang di Kabupaten Kepahiang. Setelah itu selesai barulah antena di setiap posko PMI kabupaten dipasang.
"Ada tujuh posko yang nanti terhubung dalam jaringan ini, yakni posko di markas PMI Provinsi, Kota Bengkulu, Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Lebong, dan Kabupaten Kaur," tuturnya.
Setelah semua posko PMI di Bengkulu terhubung, para pemangku kepentingan dalam kebencanaan juga akan dihubungkan ke dalam sistem ini. Di antaranya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD),Organisasi Radio Amatir Indonesia (Orari), dan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI).
Informasi kebencanaan dari jaringan komunikasi ini, nantinya dapat menjadi bahan untuk disebarluaskan oleh BPBD baik melalui radio komunitas maupun kelembagaan pemerintah daerah.
Joni mengatakan, selama ini informasi kebencanaan disampaikan melalui telepon seluler. Padahal, terkadang ketika terjadi bencana kualitas sinyal seluler tidak bagus sehingga berakibat pada penanganan bencana yang lambat.
Sumber Info Kompas.com

0 Comments:

Posting Komentar

Putting Children First. Preparing Children For Success In Life

Putting Children First. Preparing Children For Success In Life
Recommend image height: 30px

Sometimes you need advice, Ask a teacher to solve your problems.

Sometimes you need advice, Ask a teacher to solve your problems.
Sekantong darah untuk selamatkan jiwa. Mari kita kobarkan semangat memberi darah untuk orang yang mebutuhan, sekantong darah untuk kehidupan..

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

About Me

Foto saya
Usman Yasin
Dosen Univ.Muhammadiyah Bengkulu
Lihat profil lengkapku